Selasa, 17 Maret 2015

Zmba Dance Untuk Pemula Sangat Cocok Untuk Membakar Kalori Dengan Menyenangkan



Zumba dance merupakan salah satu tarian untuk membuat tubuh lebih bugar. Apa Anda sudah mengenal tari tersebut? Jika belum, yuk mengenal lebih jauh mengenai tari zumba.

Pelopor sekaligus instruktur zumba Indonesia, Jun Ko Agus menjelaskan mengenai tari zumba. "Zumba itu adalah tarian latin yang dipadukan dengan fitness 30 persen dan dansanya itu 70 persen yang bisa bakar kalori antara 600 sampai 1.000 kalori per jam," jelas Jun Ko di kantor Wolipop, Warung Buncit Raya, Jakarta Selatan, Senin (11/3/2013).

Di Indonesia, zumba dibagi menjadi enam kategori. Tari kebugaran ini bisa dilakukan oleh semua umur. Gerakannya pun disesuaikan dengan kelompok usia masing-masing, mulai dari Zumbatomik, Gold, Fitness, Toning, Sentao, dan Aqua. Keenam kategori tersebut mencakup zumba untuk anak kecil dan remaja, wanita dan pria dewasa, hingga para lansia.

Beragam variasi gerakan dipadukan menjadi satu saat latihan zumba. Gerakannya berasal dari berbagai gaya dansa, seperti salsa, flamenco, reggaeto, saco, dan masih banyak lainnya. Gerakan setiap kategori pun berbeda-beda agar meminimalkan risiko yang bisa saja terjadi bila latihan zumba tidak sesuai dengan kondisi fisik Anda. Latihan dilakukan selama satu jam dengan sekitar 12 track lagu yang telah disiapkan oleh instruktur.

Saat mau latihan zumba, Anda sebaiknya memakai pakaian yang nyaman, dan menggunakan sepatu olahraga. "Kalau mau zumba pakai baju yang comfortable yang enak yang lentur, kaos-kaos biasa, atau baju olahraga, sepatu olahraga, yang enak biar lututnya nggak sakit gitu," saran pria lulusan Computer Graphic Design, Universitas Alberta, Kanada.

Dalam kelas zumba juga menggunakan berbagai peralatan untuk kategori khusus seperti dumble yang terdapat dalam Zumba Toning atau kursi yang dipakai sebagai alat Zumba Sentao ketika latihan. Zumba sebenarnya telah diciptakan oleh instruktur aerobik dari Columbia bernama Alberto Perez pada tahun 1990.

Suatu saat, Berto lupa membawa kasetnya ketika ingin mengajar senam. Ia mengakalinya dengan menggunakan musik upbeat tarian Latin dari mobil pribadinya kemudian akhirnya menjadi tarian fitness yang dinamakan zumba. Namun zumba baru populer tahun 2003 di Amerika dan dibawa ke Indonesia pada 2009. Kemudian mulai diminati oleh masyarakat Indonesia di tahun 2012 awal.
Membakar kalori yang cukup dengan bantuan Zumba adalah jenis program latihan yang sangat berbeda karena memberikan perasaan pesta dansa yang menyenangkan dalam membakar kalori. Sumber dasar zumba membakar kalori adalah melalui tarian dari gerakan cepat tubuh dan aerobik.
Anda yang sadar akan kesehatan dan ingin menurunkan berat badan, zumba adalah salah satu solusi baik dalam proses membakar kalori. Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu dan uang dengan alat kebugaran atau pergi ke pusat kebugaran. Anda bisa melakukan gerakan Zumba dengan bentuk latihan yang memungkinkan tubuh Anda bergerak dalam setiap arah yang menggunakan gerakan tarian Latin seperti mambo, rumba, salsa, meringue, hip-hop dan lain-lain dengan sangt menyenangkan. Anda bisa mendatangkan seorang instruktur terlatih untuk mengajarkan zumba atau Anda bisa mengunjungi sebuah kelas yang  menyediakan latihan zumba.
Dengan melihat berat badan, kebugaran dan struktur fisik seseorang, dikembangkanlah Zumba untuk menurunkan berat badan dengan cara lebih menyenangkan dalam bentuk gerakan /tarian. Hampir setiap orang menyadari kalori banyak dibakar melalui gerakan atau tarian namun masih merasa tidak bisa, tidak fokus atau tidak yakin dengan berbagai alasan lainnya. Sebenarnya, perbedaan Zumba dengan tarian sederhana lainnya adalah musik yang bagus, langkah-langkah berbeda dan gerakannya pun berbeda selama keseluruhan latihan Anda ikuti, Anda merasa seolah – olah membuang-buang banyak kalori. Kalau diperkirakan Anda telah membakar 400 sampai 600 kalori per jam.
Bagi Anda yang ingin menyingkirkan kalori lemak melalui  Zumba, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk memaksimalkan pembakaran kalori Anda yaitu:
Disarankan untuk banyak makan sayuran karena mengandung serat dan membantu Anda dalam membakar lemak.
Konsumsilah Snacks seperti buah-buahan kering dan kacang-kacangan
Sarapan dengan 1 cangkir susu dan beras yang dimasak dengan ¼ cangkir.
Protein dan yoghurt adalah makanan penting untuk meningkatkan tingkat energi Anda.
Zumba mampu membakar kalori dengan memberikan perasaan kenikmatan tarian dan musik. Ketika Anda melakukan Zumba, Anda akan merasa diri Anda berenergi. Ada banyak cara lain untuk membakar kalori dalam tubuh Anda, tetapi latihan Zumba adalah yang terbaik untuk Anda.


Sudah tidak sabar ingin mencoba Zumba Dance sebagai cara yang menarik untuk melakukan kardio sebagai pembakar lemak? Silahkan Anda mencobanya dengan melihat video dibawah ini, menari zumba dengan dilatari musik On the Flor. Semoga bermanfaat!^v^






Tidak ada komentar:

Posting Komentar